• In tincidunt viverra nisl. Donec dictum malesuada magna. Curabitur id nibh auctor tellus adipiscing pharetra.
  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est.
  • Fusce vel justo non orci semper feugiat. Cras eu leo at purus ultrices tristique.
  • Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Integer ut justo.

Mengkonversi Video Dan Audio Dengan ffmpeg Pada Ubuntu/Linux Mint

Posted by: Zafin's Go Blog

Mengkonversi Video Dan Audio Dengan ffmpeg Pada Ubuntu/Linux Mint

Dari waktu ke waktu Anda mungkin perlu untuk mengambil suara dari file video. Untungnya, dengan menggunakan program ffmpeg, itu cukup sederhana untuk mengambil suara dari file video dan menyimpannya sebagai file terpisah. Utilitas ffmpeg dapat mengkonversi bolak-balik antara berbagai format dari kedua video dan suara.

Berikut adalah cara menginstal dan menggunakan ffmpeg pada Ubuntu 12.04 Precise Pangolin.

Pertama, Anda harus menginstal Ubuntu Restricted Extras paket ffmpeg sehingga secara efektif dapat memindahkan file antara format, yang dapat Anda lakukan dengan perintah Terminal:
  • $ sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras
Setelah Anda menginstal Ubuntu Restricted Extras, gunakan perintah ini untuk menginstal ffmpeg:
  • $ sudo apt-get install ffmpeg
Setelah instalasi selesai, Anda dapat menggunakan ffmpeg untuk mengekstrak audio dari file video. Katakanlah, misalnya, Anda memiliki file video yang bernama test.avi. Untuk mengekstrak audio ke file bernama audio.mp3, cara menggunakan ffmpeg dengan pilihan dan argumen sebagai berikut:
  • ffmpeg -i test.avi audio.mp3
Ini akan membuat file audio bernama audio.mp3 mengandung suara dari file video. Namun, secara default ffmpeg menciptakan file audio dengan bitrate 64 kbps, yang menghasilkan audio yang sangat berkualitas rendah. Untuk memaksa ffmpeg untuk membuat file mp3 di bitrate kbps 256, tambahkan-ab pilihan untuk melakukan jalankan perintah berikut :
  • ffmpeg -i test.avi -ab 256k audio.mp3
Ini akan membuat file mp3 berkualitas tinggiAnda dapat menggunakan perintah ini dan dimodifikasi untuk mengekstrak audio dari file video yang kompatibel.

Utilitas ffmpeg dapat melakukan konversi lainnya juga - pastikan untuk membaca halaman manual untuk seluruh ffmpeg dengan perintah ini:
  • man ffmpeg

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar Anda