• In tincidunt viverra nisl. Donec dictum malesuada magna. Curabitur id nibh auctor tellus adipiscing pharetra.
  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est.
  • Fusce vel justo non orci semper feugiat. Cras eu leo at purus ultrices tristique.
  • Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Integer ut justo.

Cara Membuat Repository Offline Menggunakan Flashdisk

Posted by: Zafin's Go Blog
Sebelum kita melanjutkan pada Cara Membuat Repository Offline Menggunakan Flashdisk saya ada sedikit penjelasan apa itu repository. Sebelumnya saya minta maaf bagi agan2 yang menyempatkan diri untuk membaca postingan saya yang acak-acakan ini, bila ada kesalahan dalam penulisan harap di maklumi karena manusia tidak luput dari kesalahan. Oke langsung saja pada pengertian repository. Repository adalah kumpulan software ubuntu yang berasal dari internet,di kemas dalam satu wadah (cd/dvd/flashdik) contohnya temasuk didalamnya terdapat software aplikasi, games, multimedia, internet, office, theme dsb.

Baiklah mungkin itu sudah cukup pengertian repositorinya, sekarang saya akan lanjutkan pada poinnya yaitu Membuat Repository Offline Menggunakan Flashdisk. Pertama kita sediakan flashdisk yang ukuran 4 GB seandainya agan2 punya flashdisk yang berkapasitas lebih tinggi misalnya 32 GB malah tambah ma’nyus tuch, tapi ada gak ea flashdisk yang berukuran 32 GB..?? hmmmm ndeso.. pasti ada dungks, makanya lihat di Internet, hahahaha canda kog .. Oke lanjutin lagi, kita sediakan software2nya yang paling penting di Ubuntu seperti: audacius (pemutar musik), vlc (pemutar video), google crome, pidgin (chat), gstreamer (code multimedia), wine (aplikasi menjalankan file exe di ubuntu), kget (downloader), gimp (photoshop), cara downloadnya gampang kog kalian tinggal klik http://apt-web.dahsy.at/ disitu terdapat jendela yang terdiri dari tiga kolom, kolom pertama isi versi ubuntu, yang kedua isi jalur aksesnya/ tempat yang mau mendownload seperti di ubuntu UGM, yang ketiga isi nama aplikasinya habis tiu langsung enter kalian tinggal download. Nach setelah selesai download, kalian copy kedalam satu flashdisk terserah mau pakek flashdisk 4 GB atau lebih yang penting tetap happy, lo dah selesai ngopinya kumpulkan dalam satu folder dan kasih nama sesuai selera Anda sebagai contohnya saya kasih nama repo, habis itu kalian kasih nama flashdisknya, nama flashdisk kasih yang gampang biar gak repot nantinya, sebagai contoh saya kasih nama KSLUIM. Selanjutnya colokin tuch flashdisk ke Pc/laptop/notebook/netbook/ultrabook kalian, setelah terbaca oleh Pc kalian, sekarang waktunya main-main di terminal, tapi bukan terminal bus ea, tapi terminal yang di ubuntu caranya tekan Ctrl+Alt+T dan Sebelum kalian membuat repo offline menggunakan flashdisk ini kalian hasru menginstall yang namanya dpkg.dev dengan cara ketikan perintah di bawah ini:

$ sudo apt-get install dpkg-dev

Lalu tekan enter, tuggu sampai penginstallan selesai. Kalau sudah selesai langsung ketahap pembuatan repo masukan perintah di bawah ini :

$ cd /media

Lalu tekan enter, setelah itu keikan perintah lagi

$ dir

Lalu tekan enter, dir ini untuk mengetahui nama flashdisknya.
Kalau sudah tampil nama flasdisknya kalian langsung lanjutkan pada langkah selanjutkan jangan keluar dari terminal dulu. Kalian ketikan lagi perintah di bawah ini

$ sudo dpkg-scanpackages KSLUIM/repo /dev/null | gzip -9c > KSLUIM/Packages.gz

Lalu enter . tunggu sampai proses selesai lalu keluar dari terminal.

NB: KSLUIM/repo bisa diganti dengan nama folder reponya dan nama Flashdisknya KSLUIM (nama flashdisknya) dan repo (nama folder yang berisi software2 repo). Ini bisa dikatakan sudah selesai dalam pembuatan repository tapi masih belum afdol kalu tidak di gunakan. Kita harus mengubah sourceslistnya. Oke kita langsung pada cara penggunaannya, kita buka sinaptic manager dengan cara System>>Administration>>Synaptic Package manager setelah tampil synapticnya klik setting >>repositories>>Other Software hapus yang di centang dan tekan Add lalu tuliskan (saya pakek contoh flashdisk dengan nama KSLUIM) deb file:/media KSLUIM/ untuk lebih jelasnya lihat screenshoot berikut :


$ sudo apt-get update

Lalu enter tunggu sampai proses pengupdatetan selesai.
kalau sudah update coba ngistall sofware yang habis kita download tadi. Misalkan kita mau menginstall gimp (potoshop) caranya :

$ sudo apt-get install gimp

Gimana kalian bisa khan buat repositori offline menggunakan flasdisk .? saya rasa kalian bisa.
Sampai disini saja Cara Membuat Repository Offline Menggunakan Flashdisk mudah2an bermanfaat bagi bangsa terutama bangsa kita Republik Indonesia.

 Referensi : Belajar Linux KSL UIM

1 komentar:

Citro Mduro mengatakan...

sebelum saya baca, saya pikir langsung bikin bootablenya mas

Poskan Komentar

terima kasih atas komentar Anda